Cara Deteksi dan Hapus Autorun.inf di Flashdisk

Autorun.inf merupakan jenis virus yang mengaktifkan diri secara otomatis ketika drive eksternal (misal: USB Flashdisk) dipasang ke slot di PC. Di PC lalu muncul pilihan untuk menjalankan aplikasi tertentu (Autoplay). Jika kamu mengklik aplikasi yang kebetulan terinveksi, berarti otomatis kamu mengaktifkan aplikasi malware tersebut. File autorun.inf ini dipakai virus untuk mengaktifkan file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan aksinya. Saat ini file autorun.inf sudah berkembang sehingga cukup sulit diberantas. Beberapa sudah berkembang menjadi file hidden. Bahkan ada pula yang mampu menjadi file sistem dan sama sekali tidak dirasakan keberadaannya. (tabloid PC Plus Edisi 364)
Antivirus, seperti Avira bahkan baru mendeteksi keberadaan autorun.inf ini saat file saat opsi show hidden file and folder diaktifkan. Nah, untuk mencegah agar autorun.inf menginveksi PC kamu, berikut salah satu caranya:

Aplikasi berukuran kurang dari 0,5 Mb ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan file yang ter-hidden dalan sebuah drive. Aplikasi ini dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan proses instalasi. Kamu tinggal tancapkan Flashdisk ke PC, lalu jalankan aplikasi ini. Klik drive yang akan kamu scan. Setelah proses scan selesai dilakukan, klik file yang akan kamu "Unhide" atau "Delete". Khusus untuk autorun.inf, dalam percobaan yang saya lakukan hanya bisa di Unhide saja dan untuk mendeletenya diperlukan program kedua yaitu Unlocker.


Jika Anda pernah tidak bisa menghapus file di Windows, dan tidak tahu apa program menggunakannya, Unlocker adalah solusinya. Apakah Anda pernah melihat pesan Windows error messages seperti dibawah ini:
  • Cannot delete folder: It is being used by another person or program
  • Cannot delete file: Access is denied
  • There has been a sharing violation.
  • The source or destination file may be in use.
  • The file is in use by another program or user.
  • Make sure the disk is not full or write-protected and that the file is not currently in use.
Cukup dengan melakukan klik kanan pada folder tersebut dan pilih Unlocker (saat diinstall unlocker akan terintegrasi dengan klik kanan). Kamu tinggal menjalankan fungsi yang kamu inginkan (delete, move, rename). Proses ini juga dapat dilakukan terhadap autorun.inf. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri.
Download Unlocker via FileHippo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar