Perusahaan peti
mati Batesville merupakan anak cabang dari Hillenbrand Industri Inc., yang
bermarkas di sebuah kota kecil yang bernama Batesville di sebelah selatan Indiana. Perusahaan Peti mati Batesville merupakan pembuat
peti mati dari metal dan kayu keras yang terbesar di dunia, memimpin pasar
penjualan di Amerika. Dengan enam pabrik pembuatan di amerika, satu di Kanada
dan satu di mexico, perusahaan peti mati Batesville melayani kurang lebih
22.000 rumah pemakaman di amerika Utara melalui 70 rumah ditributor yang
tersebar di lokasi strategis.
Dalam rangka
untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan ke dalam perusahaan, pada awal 1996,
perusahaan melakukan reorganisasi dari bentuk organisasi tradisional menjadi
bentuk unit bisnis strategis (Strategic Bussiness Unit/SBU). SBU dibuat
berdasarkan hasil produksi termasuk didalamnya SBU tempat abu jenazah, SBU
produk biasa, SBU peti mati logam standar, SBU peti mati kayu, dan sebuah SBU
”esensial” yang produknya adalah peti mati yang terbuat dari bahan campuran.
Juga terdapat Pusat Pengembangan yang berfungsi untuk mendukung keuangan,
pekerja, dan sales/marketing. Sebagai bagian dari reorganisasi ini, departemen
pusat informasi teknologi perusahaan Batesville yang sebelumnya ada telah
mengalami perubahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada SBU dan
pusat pengembangan.
PASAR PETI
MATI BATESVILLE
Perusahaan peti
mati Batesville menjual produknya ke rumah pemakaman. Keluarga dari orang yang
meninggal memilih peti mati dari pilihan yang telah disediakan oleh rumah
pemakaman. Biasanya rumah pemakaman akan memiliki ruang pamer peti mati dengan
jumlah peti mati yang terbatas untuk dilihat, dan mungkin akan terdapat satu
atau lebih katalog yang memuat model lain yang dapat dipilih. Karena rumah
pemakaman hanya memiliki peti mati dalam jumlah yang sangat terbatas, sangatlah
penting jika perusahaan pembuat peti mati dapat mengirimkan peti mati yang
diinginkan kepada rumah pemakaman dalam waktu 24-48 jam. Dalam rangka untuk
menyediakan servis yang baik, perusahaan Batesville memiliki 70 pusat pelayanan
(rumah penyimpanan), armada pengiriman tersendiri, dan sebuah sistem komputer
yang canggih untuk memproses pesanan dan mengatur inventory (persediaan) dan
pengiriman.
Beberapa rumah
pemakaman membuat perjanjian yang eksklusif dengan perusahaan Batesville,
beberapa menyimpan merk peti mati lainnya, dan lainnya tidak menyediakan produk
Batesville.
Selama beberapa
tahun terakhir terdapat trend yang kuat tentang penggabungan dalam industri
rumah pemakaman, dengan organisasi besar bersaing secara agresif untuk membeli
rumah pemakaman kecil. Berdasarkan majalah Time terbitan 9 Desember 1996,
meskipun mereka hanya memiliki 10 % dari 23.000 rumah pemakaman di Amerika,
namun rumah pemakaman tersebut menjadi kunci penting dalam menguasai pasar dan
terlibat dalam 20 % pemakaman yang terjadi dan ini merupakan 20 % dari pasar
peti mati di Amerika. Pada akhir 1996 pemimpin industri, Perusahaan Pelayanan
Internasional Houston, memiliki 2.832 rumah pemakaman dan 331 tempat pemakaman
di Amerika Utara, dan grup Lowen, yang berpusat di Vancouver, Kanada, memiliki
814 rumah pemakaman dan 265 tempat pemakaman di Amerika Utara. Kedua organisasi
memperluas usahanya secara perlahan dalam rangka menyiapkan diri mereka
terhadap saat-saat ketika angka kematian bayi meningkat.
MOTIVASI UNTUK
MEMBUAT SITUS
Merespon terhadap
perubahan yang sering terjadi di pasar, perusahaan Batesville mengalokasikan
lebih banyak sumber informasi teknologi kepada bagian sales dan marketing.
Menurut James J. Kuisel, mantan direktur bagian pusat teknologi informasi, sekarang
kepala grup sales/marketing teknologi informasi dan membuat laporan kepada
wakil presiden sales. Kuisel menjelaskan :
”Pemimpim
perusahaan berfikir bahwa kita dapat mengembangkan bisnis dengan menggunakan
teknologi informasi, sehingga mereka memutuskan untuk memusatkan teknologi
informasi dalam marketing dan sales dan menggunakannya untuk meningkatkan
pendapatan. Salah satu dari langkah pertama kita adalah dengan menggunakan
internet untuk membangun citra merk sehingga kita dapat membuat keluarga menanyakan
produk kita.
Kami percaya
bahwa kita dapat menawarkan pelayanan yang berharga kepada keluarga dari orang
yang sakit parah dengan menyediakan informasi dari keputusan yang harus dibuat
ketika kematian terjadi. Terdapat beberapa hal yang dapat membuat mereka
menyesal dalam jangka waktu yang lama jika mereka membuat keputusan yang salah,
dan mereka dapat membuat banyak persiapan dalam menghadapi kematian. Kami
berharap dapat menyediakan pelayanan kepada masyarakat dan pada saat yang sama
membangun citra pada produk kita.
Juga terdapat
banyak informasi yang negatif mengenai industri kita, dan sebagai perusahaan
peti mati nomor satu kita cenderung ”dipilih”. Kami berfikir bahwa internet
dapat memberi kita kesempatan untuk menampilkan diri kita dan melawan
publisitas yang negatif.”
Kuisel cemas
mengenai kemungkinan tanggapan dari direktur tempat pemakaman terhadap ide
untuk membuat situs di internet. Beberapa rumah pemakaman telah menggunakan
internet untuk mempromosikan diskon terhadap jasa pemakaman, dan beberapa
kritikus telah menggunakan internet untuk menyerang industri pemakaman.
Kemungkinan bahwa direktur tempat pemakaman akan menyamakan perusahaan peti
mati Batesville dengan tindakan negatif ini menyulitkan Kuisel, sehingga
tindakan pertama yang dia lakukan adalah mengecek ide tersebut kepada pelanggan
Batesville.
”Kita memiliki
dewan penasehat yang terdiri dari perwakilan 30 rumah pemakaman yang ditunjuk
oleh manager regional kita. Kami memanggil mereka dan menanyakan bagaimana tanggapan
mereka mengenai ide
perusahaan Batesville memiliki situs di internet, dan semua tanggapanya
sangatlah menggembirakan. Secara tidak sengaja, kami terkejut mengetahui bahwa
lebih dari setengah perwakilan tersebut ternyata menggunakan internet.
Kami kemudian
mengirimkan pemberitahuan kepada 16.000 rumah pemakaman yang menjadi pelanggan
kita. Kami memberitahu mereka bahwa kita sedang berusaha untuk melakukan
promosi terhadap proses pemakaman agar dapat dipahami dengan lebih baik, dan
bahwa kita memiliki
tiga tujuan untuk
situs ini: (1) untuk mempromosikan nilai dari pemakaman dan peran
penting seorang direktur rumah pemakaman, (2) untuk mengajari pelanggan
mengenai proses pemakaman dan produk yang dapat dipilih, dan (3) untuk
memberikan dukungan moral pada saat sedih akibat kematian. Sebuah bagian
mengenai pertanyaan yang biasa ditanyakan (berserta jawabannya) juga tersedia.”
PERKEMBANGAN
SITUS
Pengembangan dari
situs perusahaan Batesville dimulai pada akhir Februari 1996, dan versi pertama
mulai diluncurkan pada awal mei (www.batesville.com). Halaman utama situs ini berisikan
kata-kata pembuka dan disebelah kiri terdapat ikon-ikon yang dapat di-klik
seperti keputusan yang harus dibuat ketika kematian terjadi, pusat dukungan
moral, produk dan jasa pemakaman, profile perusahaan, apa yang
terbaru, dan tanggapan pengunjung.
Masing-masing
tulisan perkenalan bagian dapat membawa pengunjung untuk memperoleh informasi
yang berhubungan dengan topik yang dipilih. Sebagai contoh, mengklik pada
”ruang pamer peti mati” pada halaman produk dan jasa pemakaman akan
membawa ke gambar model dan jenis-jenis peti mati (model peti mati yang lainnya
juga tersedia didalam situs). Mengklik pada gambar ”classic gold” akan membuka
gambar peti mati model classic gold yang lebih besar.
Karena karyawan
perusahaan peti mati Batesville tidak memiliki pengalaman dalam mengembangkan
situs, Kuisel memperkejakan agensi periklanan Cincinnati untuk melakukan
pekerjaan grafik dan mengembangkan isinya. Pekerja Batesville akan
mengembangkan tulisan pengantar pada beberapa bagian yang termasuk didalamnya.
Untuk masing-masing bagian, mereka kemudian akan mengumpulkan bahan tulisan
mengenai produk yang telah dibuat oleh perusahaan Batesville selama beberapa
tahun terakhir. Agensi periklanan menggunakan rencana dan bahan tersebut
sebagai dasar pengembangan situs, namun pengembangan situs dari materi tersebut
bukanlah hal yang utama. Menurut Kuisel:
”Kita sangat
beruntung karena kami dapat mengumpulkan banyak sekali materi yang bagus
mengenai proses pemakaman selama beberapa tahun terakhir. Kami telah
menghubungi pihak-pihak yang berwenang di wilayah ini dan telah mendapatkan
izin khusus untuk mempublikasikan beberapa materi mereka. Namun, karena materi
ini telah ditulis pada saat yang berbeda dan oleh penulis yang berbeda, mereka
harus ditulis ulang untuk menciptakan hal yang saling mendukung. Prinsip
mengenai duka cita belumlah berubah, namun kata-kata yang mengekspresikan
kesedihan tersebut mungkin telah berubah atau tidak sesuai lagi. Meskipun
berkerja dengan menggunakan materi ini membutuhkan pekerjaan yang hampir sama
banyaknya dengan jika mengerjakan ulang dari awal, kami merasa bahwa dengan
menggunakan materi yang telah teruji oleh waktu, kami tidak akan menyinggung
orang lain.
Hal yang sama,
banyak isi dari bagian lain dalam situs dapat mengandung materi yang telah ada,
namun lebih sulit dari yang kami perkirakan sebelumnya untuk menyakinkan bahwa
semuanya konsisten. Kami sering menemukan beberapa hal yang tidak saling cocok.
Misalnya, kita akan menemukan pada salah satu situs yang mengatakan bahwa
produk peti mati Batesville di distribusikan dari 56 tempat penyimpanan, dan
disitus lainnya kita mengatakan bahwa terdapat 70 tempat penyimpanan. Hal ini
terjadi karena kami menggunakan materi yang berasal dari waktu yang berbeda
dalam sejarah kita.
Kami mencoba
untuk berhati-hati dalam melakukan pengembangan materi situs. Sebagai contoh,
kita telah membicarakan mengenai asal mula pemakaman yang dimulai sejak jaman
kristus, dan salah satu anggota penasehat menyarankan bahwa dari pada melakukan
itu, lebih baik mundur hingga masa romawi sehingga tidak mengasingkan aliran
agama yang lain.”
Kuisel
mempertanyakan keputusan mereka untuk mengembangkan halaman situs dari materi
yang telah diterbitkan sebelumnya:
”Dokumen telah
ditulis untuk dibaca sebagai contoh, dimanapun di internet semuanya saling
berhubungan. Jika kami memulainya dari awal kita mungkin akan menemukan desain
yang lebih effektif mengenai bagaimana cara menyajikan materi ini. Namun
akhirnya, kami merasa bahwa mengembangkan sebagian besar dari halaman akan
lebih mudah dan lebih effektif dari pada dengan memulainya sejak awal.”
Batesville
memilih agensi periklanan untuk melakukan pengembangan karena mereka telah
memiliki beberapa penghargaan untuk desain situs yang telah mereka buat. Namun
sayangnya, agensi periklanan ini telah menyewakan sebagian besar dari desain
situs mereka, dan sebagai akibatnya kemampuan in-house situs menjadi minimal.
Kuisel menjelaskan:
”Mereka tidak
mengerti teknologi dengan baik. Desain pertama untuk halaman utama situs kita
merupakan sebuah karya seni-memiliki latar belakang yang indah berwarna putih
satin dengan ditambah rangkaian bunga yang indah. Namun dibutuhkan waktu 2
menit untuk mengirimkan halaman ke PC seseorang yang ingin mengunjungi situs
kita, sehingga hal tersebut tidak dapat digunakan karena orang tidak akan mau
menunggu halaman utama muncul selama itu. Jika seorang pengunjung ingin melihat
gambar dari peti mati tertentu maka dia mungkin harus menunggu 2 menit sampai
gambar tersebut muncul, namun pada halaman utama seharusnya gambar tersebut
muncul dengan lebih cepat.
Kami menghabiskan
banyak waktu dan usaha dengan agensi periklanan untuk mengedit materi ini,
membuat link, dan merubah susunan situs. Lebih banyak tugas yang harus diulang
karena dikerjakan dengan keliru, sehingga kami merasa bahwa kita dapat
melakukannya dengan lebih baik jika kami sendiri yang melakukan tugas
pengembangan.
Biaya umtuk
mengembangkan situs perusahaan Batesville berada di antara $ 50.000, terbagi
dua sama besarnya untuk agensi periklanan dan biaya internal perusahaan
Batesville.
Karena waktu yang
mendesak, kemungkinan adanya masalah keamanan, dan biaya modal yang terkait,
perusahaan Batesville memutusakan mengguinakan sebuah perusahaan Indianapolis,
I-Quest, untuk menyediakan perangkat keras dan software web untuk situs
Batesville. Keputusan ini secara jelas mengurangi ketegangan pada staf
teknologi informasi di perusahaan Batesvilee. Kuisel sangat senang terhadap
keputusan ini:
”Kita tahu bahwa
I-Quest telah memiliki beberapa situs yang sangat sukses, dan situs kita telah berjalan dengan mulus.
I-Quest menyediakan untuk kita banyak statistik dari jumlah orang yang
mengunjungi situs kita dan jumlah halaman yang mereka akses, dan kami berpikir
bahwa harganya dapat diterima. Terdapat biaya dasar bulanan, yang berdasarkan
besarnya situs, yang mencakup semuanya kecuali jumlah pengunjung melebihi angka
yang ditetapkan. Jika kamu melewati batasan tersebut kamu harus membayar
berdasarkan banyaknya kelebihan tersebut, namun kita tidak pernah mendekatai
batasan tersebut. Kita membayar I-Quest kurang dari $300 per bulan.
HASIL AWAL
Pada
minggu-minggu awal operasi, beberapa situs lain membuat link ke situs baru
perusahaan Batesville. Batesville mengizinkan hal ini, namun dengan beberapa
syarat karena adanya kemungkinan bahwa situs pesaing mungkin membuat link ke
situs ini. Oleh sebab itu, kata-kata peringatan muncul ketika seseorang
meng-klik tanda ”pernyataan link” pada dasar dari halaman utama situs
Batesville : ”Perusahaan Batesville mengizinkan yang lainnya untuk membuat link
ke situs ini. Batesville memiliki hak untuk memtuskan hubungan jika, dalam
pandangan Batesville, terdapat pesan atau informasi yang diberikan dari situs
link tersebut tidak sesuai dengan tujuan dari perusahaan Batesville”. Namun
tidaklah jelas, apa yang dapat Batesville lakukan untuk ”memutuskan hubungan”.
Setelah beberapa
bulan beroperasi, situs Batesville dikunjungi sekitar 2.000 orang per bulan,
dengan pengunjung berasal dari seluruh dunia. Meskipun ini bukanlah angka yang
besar, Mereka yang mengunjungi situs ini diam untuk waktu yang cukup lama,
membuka sekitar 45 halaman setiap
kunjungan. Mereka yang memberikan tanggapan terbagi dua sekitar 50-50 diantara
masyarakat biasa dan orang yang bergerak di bidang industri pemakaman.
Meskipun
tanggapan yang diterima sangat mengembirakan, mengevaluasi keberhasilan menjadi
sebuah masalah. Menurut Kuisel:
”Kami tahu tujuan
kita, namun kami tidak tahu bagaimana cara mengukur tujuan kita dengan mudah.
Tujuan utama kita adalah untuk menciptakan merk. Juga, kita ingin untuk
mendidik pelanggan sehingga mereka tidak akan dibingungkan oleh program tv yang
bernilai negatif terhadap industri pemakaman. Kita juga ingin meningkatkan
kepuasan pelanggan, dan kami berpikir bahwa mendidik pelanggan akan membuat
mereka lebih puas terhadap pilihan yang mereka lakukan. Sangat mudah untuk
menghitung jumlah pengunjung dan menganalisis pesan ”tanggapan pengunjung”,
namun hal ini tidak dapat menggambarkan tujuan yang telah dicapai.
Sejauh mengenai
sukses yang berhubungan dengan masalah keuangan, kami mungkin hanya dapat
melakukan survai kepada pelanggan dan menanyakan: ”apakah terdapat perubahan
terhadap banyaknya orang yang datang dan menanyakan produk peti mati Batesville
sejak situsnya di internet beroperasi?” Hal tersebut akan menjadi dasar, namun
survai seperti itu tidaklah dapat dipercaya untuk menghitung besarnya perubahan
dalam hal permintaan.”
PERTIMBANGAN
LEBIH JAUH
Kuisel berkerja
untuk meningkatkan jumlah pengunjung dari situs Batesville:
”Kami sekarang
berkerja untuk membuat situs kita muncul dideretan atas dari daftar yang
dikeluarkan berbagai situs pencari seperti Yahoo dan Netcrawler. Kami ingin
berada diposisi sepuluh besar dari daftar yang dikeluarkan oleh kelima situs
pencari yang paling terkemuka, sehingga ketika orang mengetik pemakaman atau
peti mati atau penguburan, pertama-tama mereka akan melihat situs kita.
Masing-masing
situs pencari menggunakan rumus algoritma yang berbeda untuk memilih situs yang
mereka tampilkan dan untuk menentukan bagaimana situs tersebut akan
ditampilkan. Terdapat orang-orang yang mengerti mengenai rumus algoritma yang
digunakan, dan kami memperkerjakan sebuah firma konsultan yang memiliki
reputasi bagus dalam bidang ini untuk membantu kami. Meskipun masing-masing situs
pencari berbeda-beda, konsultan kita tahu beberapa trik perubahan yang kami
pikir dapat membantu. Sebagai contoh, kami berpikir untuk menggunakan sebuah
halaman utama ”tipuan” yang tidak dapat dilihat oleh siapapun, namun memiliki
ketentuan yang tepat dengan yang digunakan oleh situs pencari untuk menentukan
situs yang berada dalam daftar teratas.
Kami juga
mempertimbangkan untuk memasang iklan di beberapa situs pencari terkemuka
sehingga situs kita akan muncul ketika seseorang mencari hal-hal yang terkait
dengan pemakaman.
Perusahaan
Batesville mempertimbangkan berbagai peluang menarik. Misalnya saja, produk
peti mati biasa Batesville di modifikasi sesuai dengan keinginan dari keluarga
orang yang meninggal. Keluarga dari seorang yang hobi berlayar misalnya,
mungkin menginginkan agar terdapat simbol yang berhubungan dengan pelayaran
saat pemakaman. Karena waktu yang terbatas, hal ini hanya dapat dilakukan jika
kasusnya terjadi pada orang yang telah lama sakit parah. Biasanya keluarga
tidak akan menghubungi rumah pemakaman sampai saat kematian terjadi, namun jika
situs Batesville dapat membuat anggota keluarga mengerti bahwa terdapat
alternatif lain, mungkin mereka akan memilih sesuatu yang lebih spesial.
Batesville juga
berpikir mengenai bagaimana caranya menggunakan internet untuk menampilkan
informasi produk kepada rumah pemakaman. Kuisel menjelaskan: kita sangatlah
bergantung kepada sales perwakilan kita untuk memberitahukan informasi produk
kepada pembeli potensial, dan internet menyediakan informasi paling terbaru
kepada rumah pemakaman pelanggan kita. Kita memiliki beberapa pelanggan besar
yang sering dikunjungi oleh seles perwakilan kita, dan kita juga memiliki
banyak pelanggan kecil yang jarang dikunjungi. Kami berpikir bahwa sangatlah
bagus jika kami dapat mendukung pasukan seles kita dengan cara memberikan
informasi produk terbaru kepada pelanggan kecil kita dan menjelaskannya dengan
cara yang diinginkan oleh perusahaan.
Kuisel melihat
beberapa isu strategis yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan Batesville
dalam rangka penggunaan internet dimasa yang akan datang. Kuisel menjelaskan:
”Pada kota yang
sama mungkin terdapat 2 rumah pemakaman, salah satu rumah pemakaman merupakan
100% pelanggan Batesville dan yang lainnya hanya menjadi 30% pelanggan. Jika
kita akan menulis rumah pemakaman yang direkomendasikan pada halaman situs
kita, bagaimana caranya kita akan menghadapi perbedaan ini? Jika kita
memasukkan kedua rumah kedalam list, rumah pemakaman yang menjadi konsumen 100%
kita akan marah, dan jika kita hanya memasukkan yang 100%, konsumen lainnya
yang akan marah.”
Kuisel
mendiskusikan masalah lain yang harus didalami oleh Batesville:
”Kami berpikir
untuk menciptakan sebuah mall di internet. Anda akan datang mengunjungi situs
kami dan mendapatkan link kepada jasa dan produk yang sebenarnya tidak kami
tawarkan, seperti kubah makam, dan anda akan dibawa ke situs tersebut. Hal itu
akan menimbulkan masalah, karena anda mungkin saja tidak akan kembali ke situs
kami.
Kemungkinan
lainnya disebut (dalam tata bahasa internet) planting dan seeding. Sebagai
contoh, membuat perusahaan asuransi untuk memiliki link ke situs kita sehingga
ketika seseorang memikirkan tentang asuransi mereka mungkin saja melangkah
lebih jauh dan berpikir tentang rencana pemakaman. Dan juga terdapat penerbitan
majalah yang mungkin saja akan menyenangkan jika memiliki link dengan situs
kita. Kita juga harus berpikir mengenai pengaruh positif dan negatif jika
membuat link dengan group tertentu, seperti beberapa organisasi gereja dan tempat
pemakaman.”
Terdapat benyak
keuntungan dan hal yang harus dipertimbangkan perusahaan peti mati Batesville
dalam rangka penggunaan situs untuk membantu mengkomunikasikan nilai-nilai dari
proses pemakaman. Oleh karena itu, situs perusahaan Batesville diharapkan dapat
berkembang seiring dengan waktu.
SIMPULAN
Berdasarkan
uraian kasus diatas dapat kami tarik beberapa permasalahan yang dihadapi dan
tindak lanjut dari permasalaha tersebut yaitu sebagai berikut.
Kendala pertama
yang dihadapi oleh Batesville Casket adalah masalah pemasaran produk peti mati
yang masih terbatas karena penawaran melalui rumah pemakaman tidak menyediakan
ruang yang cukup luas untuk menggambarkan peti mati yang ditawarkan, atas
permasalahan tersebut telah ditindak lanjuti dengan menyediakan katalog yang
memuat model-model yang dapat dipilih, walaupun begitu tetap saja pemasaran
seperti itu tidak dapat menjangkau pasar secara luas, jadi masalah pemasaran
tadi belum sepenuhnya diatasi sampai akhirnya Batesville Casket memutuskan
untuk membuat satu web site. Namun dalam proses pembuatan situs ini kembali
kendala harus dihadapi oleh Batesville Casket yakni mulai dari kurang siapnya
sumber daya manusia dalam hal produksi dan pengembangannya, akhirnya Batesville
Casket menunjuk salah satu agen periklanan terkenal untuk proses produksi dan
pengembangan situsnya, namun prestasi agen periklanan tersebut pun tidak mampu
memberikan jaminan kualitas situs yang dihasilkan, karena agensi periklanan tersebut
telah menyewakan sebagian besar dari desain situsnya dan hal ini berdampak pada
kemampuan in house situs menjadi tidak maksimal (lamban). akhirnya untuk
menindaklanjuti masalah tersebut dan karena adanya keterbatasan waktu dan
masalah keamanan serta biaya modal yang terkait, Batesville Casket memutuskan
untuk menggunakan I-Quest sebagai penyedia hardware dan software untuk situs
Batesville Casket. Untuk sementara permasalahan dalam pengembangan situs
tersebut telah terpecahkan, namun dalam perkembangannya Batesville Casket masih
menghadapi permasalahan lain.
Perusahaan
menghadapi kesulitan untuk mengukur keberhasilan penggunaan situs internet ini
untuk mencapai tujuannya yaitu penciptaan image
atau merek, serta keberhasilan dalam kaitannya dengan penjualan. Untuk mengatasi permasalahan ini perusahaan
dapat melakukan pengkuran melalui jumlah pengunjung situs dan jumlah pengunjung
yang memberikan komentar. Sedangkan keberhasilan yang berkaitan dengan
penjualan dapat diukur melalui survai seperti yang diuraikan sebelumnya,
ditambah dengan melakukan perbandingan perubahan rata-rata penjualan sebelum
dan setelah pengoperasian situs internet.
Dalam
perkembangan selanjutnya perusahaan ingin menempatkan situs perusahaan berada
pada deretan teratas dalam daftar yang dikeluarkan situs pencari. Langkah yang
dilakukan sudah baik dimana perusahaan meminta bantuan pada perusahaan
konsultan yang mengerti akan hal ini, serta memasang iklan pada perusahaan
pencari sehingga akan diutamakan oleh para situs pencari.
Dalam permasalahan rumah pemakaman yang akan
direkomendasikan dalam situs, perusahaan dapat merekomendasikan semua rumah
pemekaman yang merupakan pelanggan Batesville. Namun, untuk rumah pemakaman
yang merupakan 100% pelanggan Batesville, perusahaan dapat menempatkan rumah
pemakaman tersebut pada urutan teratas dan dengan tambahan penjelasan yang
dapat menarik pelanggan untuk mengunjungi rumah pemakaman tersebut, sedangkan
yang merupakan 30% pelanggan ditempatkan pada urutan-urutan bawah. Apabila
rumah pemakaman tersebut ingin berada pada urutan atas rekomendasi maka
disarankan agar rumah pemakaman tersebut menggunakan 100% produk Batesville.
Keinginan untuk
membuat sebuah internet mall dapat dilakukan, namun perusahaan yang tergabung
harus masih berhubungan dengan bidang usaha dari Batesville, tidak bertentangan
dengan tujuan perusahaan, dan bukan merupakan pesaing Batesville. Perusahaan
yang memikili link di situs Batesville harus juga memiliki link ke situs
Batesville sehingga pengunjung yang telah memasuki situs perusahaan lain dapat
kembali ke situs Batesville. Perusahaan-perusahaan asuransi dan juga penerbit
koran dan majalah juga penting untuk diajak bekerja sama untuk memperluas akses
menuju situs Batesville.
Jadi hal yang
paling utama dalam urain kasus ini adalah bagaimana Batesville Casket
memanfaatkan suatu strategi yaitu cost
leadership untuk memenangkan persaingan yaitu dengan memanfaatkan teknologi
informasi sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Dengan memanfaatkan
teknologi yang dalam hal ini melalui internet (membuat web site) tentunya biaya
pemasaran dapat diminimalisasi dan pemasaran atas produk peti mati dapat
dipasarkan secara luas keseluruh pelosok dunia, selain itu transaksi bisnis
yang dilakukan secara elektronik (e-commerse)
memberikan keuntungan bagi Batesville Casket seperti mempercepat transaksi
bisnis yaitu data bisnis akan dikirim, diterima, dievaluasi, dan diproses
dengan kecepatan yang tinggi, penghematan biaya seperti biaya pemrosesan order
penjualan akan sangat dihemat, meningkatkan hubungan dengan pelanggan karena
pelanggan dapat menerima penjelasan langsung melalui halaman-halaman situs,
pelanggan dapat berinteraksi langsung dengan perusahaan, serta pelanggan dapat
mengajukan pertanyaan, memberikan kritik, dan saran secara langsung melalui
situs tersebut serta tanggapan dari perusahaanpun akan langsung diterima oleh
pelanggan. Keuntungan lainnya adalah adanya kemungkinan untuk melakukan
perdagangan internasional karena pembaca situs internet tidak hanya dari
Amerika melainkan dari seluruh dunia.
Selain keuntungan
tersebut, perdagangan melalui intrnet (e-commerse)
juga memiliki kelemahan yaitu masalah keamanan transaksi baik terkait dengan
pembayaran maupun pengiriman barang. Untuk mengatasi masalah pembayaran,
perusahaan dapat menerapkan pembarayan melalui transfer rekening. Setelah
pembayaran diterima barulah barang yang dipesan dapat dikirimkan. Sedangkan
masalah keamanan barang yang dikirimkan dapat menggunakan jasa asuransi. Selain
itu jika pelanggan tidak percaya atas transaksi melalui internet, pelanggan
dapat bertransaksi langsung dengan menghubungi rumah pemakaman yang
direkomendasikan melalui situs ini. Kesulitan lainnya adalah dalam pengukuran
kinerja. Keberhasilan penerapan internet dapat diukur dari jumlah orang yang berkunjung
dan memberikan komentar dalam situs tersebut, dengan tetap membandingkan
perubahan rata-rata penjualan sebelum dan setelah penerapan e-commerse baik penjualan langsung yang
dilakukan oleh perusahaan maupun penjualan yang dilakukan oleh rumah-rumah
pemakaman yang merupakan pelanggan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar